Info Wisata dan Travel? Cuma di Infotravell.com

Destinasi Wisata Favorit di Kalimantan

21

INFOTRAVELL.COM. Dibawah ini adalah destinasi – destinasi wisata terfavorit di Pulau Kalimantan. Destinasi wisata apasakah itu? berikut usalannya untuk kamu semua para traveller.

1. Gunung Kinabalu

Gunung Kinabalu terletak di Sabah, Malaysia, dengan ketinggian 4,095 mdpl. Gunung ini merupakan gunung tertinggi di Pulau Kalimantan dan tertinggi kelima di Asia Tenggara. Gunung Kinabalu terdiri atas 4 kawasan yaitu hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung.

Gunung Kinabalu merupakan lambang kebesaran penduduk yang tinggal di Sabah. Penduduk Sabah menganggap Gunung Kinabalu dapat memberikan semangat juang dan persatuan mereka. Gunung Kinabalu banyak menyimpan cerita dan kisah-kisah misteri. Menurut kepercayaan masyarakat Kadazan Sabah, Gunung Kinabalu merupakan tempat bersemedinya jiwa mereka setelah meninggal dunia.

2. Taman Nasional Gunung Mulu

Taman Nasional Gunung Mulu dekat Miri, Sarawak, Malaysia, adalah Situs Warisan Dunia UNESCO yang terdiri dari gua dan formasi karst. Taman nasional ini terkenal akan guanya.

Berbagai ekspedisi telah dilancarkan untuk mengeksplorasi gua dan hutan hujan disekitarnya. Taman nasional ini dinamai dari Gunung Mulu, gunung tertinggi kedua di Sarawak.

3. Taman Nasional Tanjung Puting

Taman Nasional Tanjung Puting adalah sebuah taman nasional yang terletak di semenanjung barat daya provinsi Kalimantan Tengah. Tanjung Puting pada awalnya merupakan cagar alam dan suaka margasatwa yang ditetapkan oleh Pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1937. Selanjutnya berdasarkan SK Menteri Kehutanan No. 687/Kpts-II/1996 tanggal 25 Oktober 1996, Tanjung Puting ditunjuk sebagai Taman Nasional dengan luas seluruhnya 415.040 ha.

Secara geografis taman nasional ini terletak antara 2°35′-3°20′ LS dan 111°50′-112°15′ BT meliputi wilayah Kecamatan Kumai di Kotawaringin Barat dan kecamatan-kecamatan Hanau serta Seruyan Hilir di Kabupaten Seruyan.

Taman Nasional Tanjung Puting dikelola oleh Balai Taman Nasional Tanjung Puting, salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Ditjen Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam (PHKA) Kementerian Kehutanan.

Baca Juga :

4. Pusat Rehabilitasi Orang Utan Sepilok

Pusat Rehabilitasi Orangutan Sepilok berjarak sekitar 25 kilometer dari barat Sandakan, negara bagian Sabah, Malaysia Timur. Pusat tersebut dibuka pada 1964 sebagai proyek rehabilitasi orangutan resmi pertama untuk menyelamatkan bayu orangutan yang ditinggal induknya dari tempat penebangan, penanaman, perburuan ilegal atau diambil sebagai hewan peliharaan.

Orangutan-orangutan yang ditinggal induknya dilatih untuk bertahan hidup lagi di alam luar dan dilepas ketika mereka siap. Penampungan tersebut terletak di Kawasan Hutan Kabili-Sepilok yang meliputi wilayah seluas 4.294 ha (10.610 acres), yang sebagian besar adalah hutan hujan. Saat ini, sekitar 60 sampai 80 orangutan yang hidup bebas di hutan tersebut. Tempat tersebut telah menjadi salah satu tempat tujuan wisatawan di Sabah.

5. Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin adalah masjid kerajaan Kesultanan Brunei yang terletak di Bandar Seri Begawan, ibu kota Brunei Darussalam. Masjid ini adalah salah satu masjid paling mengagumkan di Asia Pasifik, serta menjadi markah tanah dan daya tarik wisata utama di Brunei.

Alamat dari Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin adalah Jalan McArthur, Bandar Seri Begawan BS8711, Brunei Darussalam.

6. Lembah Danum

Wilayah Konservasi Lembah Danum adalah hutan hujan dataran rendah yang memiliki luas sebesar 438 kilometer yang terdapat di Sabah, Malaysia. Tempat tersebut berisi flora dan fauna tropis, yang meliputi spesies seperti badak Sumatra Timur, orangutan Kalimantan, gibbon, rusa tikus, macan dahan dan lebih dari 270 spesies burung.

Tempat tersebut diurus oleh Yayasan Sabah untuk konservasi, penelitian, pendidikan, dan keperluan pelatihan restorasi habitat.

7. Gua Gomantong

Gua Gomantong adalah sebuah sistem gua intrikat di dalam Bukit Gomantong. Gua tersebut adalah tempat stalaktit terbesar di kawasan Kinabatangan Hilir, divisi Sandakan, negara bagian Sabah, Malaysia, pulau Kalimantan.

Terletak di kawasan hutan lindung Departemen Kehutanan Sabah, gua tersebut dan kawasan sekitarnya merupakan sebuah kawasan yang dilindungi untuk kehidupan liar, khususnya orangutan.

Itulah tadi 7 destinasi wisata terfavorit di pulau Kalimantan. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.