Info Wisata dan Travel? Cuma di Infotravell.com

Destinasi Wisata Favorit di Sulawesi

11

INFOTRAVELL.COM. Sulawesi, dahulu dikenal sebagai Celebes, adalah sebuah pulau di Indonesia. Sulawesi merupakan salah satu dari empat Kepulauan Sunda Besar, dan merupakan pulau terbesar kesebelas di dunia, yang terletak di sebelah timur Kalimantan, sebelah barat Kepulauan Maluku, dan sebelah selatan Mindanao dan Kepulauan Sulu, Filipina.

Di Indonesia, hanya Pulau Sumatera, Kalimantan dan Papua yang lebih besar luas wilayahnya, dan hanya Pulau Jawa dan Sumatera yang memiliki populasi lebih banyak dari Sulawesi. Bentang alam di Sulawesi mencakup empat semenanjung, yaitu :

  • Semenanjung Minahasa di bagian utara
  • Semenanjung Timur
  • Semenanjung Selatan
  • Semenanjung Tenggara.

Ada tiga teluk yang memisahkan semenanjung-semenanjung ini yaitu Teluk Tomini di antara Semenanjung Minahasa dan Timur, Teluk Tolo di antara Semenanjung Timur dan Tenggara dan Teluk Bone di antara Semenanjung Selatan dan Tenggara. Selat Makassar membentang di sepanjang sisi barat pulau dan memisahkan pulau ini dari Kalimantan.

Adapun destinasi wisata terfavorit di Sulawesi adalah :

1. Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung

Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung (atau disingkat TN Babul) terletak di Sulawesi Selatan, seluas ± 43.750 Ha. Secara administrasi pemerintahan, kawasan taman nasional ini terletak di wilayah Kabupaten Maros dan Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep). Secara geografis areal ini terletak antara 119° 34’ 17” – 119° 55’ 13” Bujur Timur dan antara 4° 42’ 49” – 5° 06’ 42” Lintang Selatan.

Secara kewilayahan, batas-batas TN Babul adalah sebagai berikut : Sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Pangkep, Barru dan Bone, Sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Maros dan Kabupaten Bone, Sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Maros dan Sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Maros dan Kabupaten Pangkep.

Taman nasional ini ditunjuk menjadi kawasan konservasi atau taman nasional berdasarkan Keputusan Menteri Kehutanan Nomor : SK.398/Menhut-II/2004 tanggal 18 Oktober 2004. Saat ini dikelola oleh Balai Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung, yang berkedudukan di kecamatan Bantimurung, Maros, Sulawesi Selatan.

2. Fort Rotterdam

Fort Rotterdam atau Benteng Ujung Pandang (Jum Pandang) adalah sebuah benteng peninggalan Kerajaan Gowa-Tallo. Letak benteng ini berada di pinggir pantai sebelah barat Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Benteng ini dibangun pada tahun 1545 oleh Raja Gowa ke-9 yang bernama I manrigau Daeng Bonto Karaeng Lakiung Tumapa’risi’ kallonna. Awalnya benteng ini berbahan dasar tanah liat, namun pada masa pemerintahan Raja Gowa ke-14 Sultan Alauddin konstruksi benteng ini diganti menjadi batu padas yang bersumber dari Pegunungan Karst yang ada di daerah Maros.

Benteng Ujung Pandang ini berbentuk seperti seekor penyu yang hendak merangkak turun ke lautan. Alamat dari Fort Rotterdam adalah : Jl. Ujung Pandang, Bulo Gading, Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90171.

3. Cagar Alam Gunung Tangkoko Batuangus

Cagar Alam Gunung Tangkoko Batuangus adalah cagar alam di Kecamatan Bitung Utara, Kota Bitung, Sulawesi Utara. Cagar alam seluas sekitar 8.745 hektare inimerupakan tempat perlindungan monyet hitam sulawesi dan tarsius.

Kawasan Tangkoko pertama kali ditetapkan Pemerintah Hindia Belanda sebagai hutan lindung pada tahun 1919 berdasarkan GB 21/2/1919 stbl. 90, dan diperluas pada tahun 1978 dengan ditetapkannya Cagar Alam Duasudara (4.299 hektare) berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertanian No. 700/Kpts/Um/11/78.

Alamat dari Cagar Alam Gunung Tangkoko Batuangus adalah Pinangunian, Aertembaga, Kota Bitung, Sulawesi Utara

Baca Juga :

4. Trans Studio 

Trans Studio merupakan jaringan taman bermain di dalam ruangan (Indoor Theme Park) terbesar di Indonesia yang dikelola oleh Trans Corp. Di dalam taman bermain ini memiliki berbagai macam wahana dengan tema seperti program-program acara yang ada di Trans TV dan Trans7

Alamat dari Trans Studio adalah Kawasan Terpadu Trans Studio Makassar, Jalan HM. Dg. Patompo, Metro Tanjung Bunga, Maccini Sombala, Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90224.

5. Taman Nasional Taka Bonerate

Taman Nasional Taka Bonerate adalah taman laut yang mempunyai kawasan atol terbesar ketiga di dunia setelah Kwajifein di Kepulauan Marshall dan Suvadiva di Kepulauan Maladewa. Luas total dari atol ini 220.000 hektare dengan sebaran terumbu karang mencapai 500 km². Kawasan ini terletak di Kecamatan Takabonerate, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, Indonesia.

Sejak Tahun 2005 Taman Nasional Taka Bonerate telah di calonkan ke UNESCO untuk menjadi Situs Warisan Dunia. Dalam rangkaian Hari jadi Kepulauan Selayar di lokasi ini setiap tahunnya diadakan festival yang bertajuk Sail Taka Bonerate atau sebelumnya disebut Takabonerate Island Expedition (TIE).

6. Patung Yesus Memberkati

Monumen Yesus Memberkati atau lebih dikenal sebagai Yesus Memberkati (Bahasa Manado: Yesus Kase Berkat) adalah patung Yesus Kristus yang terletak di Manado, Indonesia. Patung itu berdiri setinggi 50 meter (158 kaki) dan terdiri dari penopang 20 meter dan patung itu sendiri yang memiliki ketinggian 30 meter.

Patung ini terbuat dari 25 ton serat logam dan 35 ton baja, dan terletak di puncak perumahan Citraland Manado. Patung ini telah menjadi ikon baru kota Manado dan pada tahun 2010, ini adalah patung tertinggi ke-2 di Asia dan patung Yesus tertinggi ke-4 di dunia (tidak termasuk alas tumpuan yang dipasangnya).

 

2 Comments
  1. car keychains says

    I don’t ҝnow whеther it’s jսst mee or if pеrhaps еverybody else encountering prοblems with your website.

    It appears lіke some off tһe text wіthin youг
    ϲontent ɑге running offf thhe screen. Сan somеbody else pleɑsе comment and let
    me knoow if tһіs is happening to thеm aѕ weⅼl? This coᥙld be a probⅼem with myy internet
    browser Ьecause I’νe had tһis haрpen ƅefore.
    Ⅿany thanks

  2. Great items from you, man. I’ve take note your stuff prior to and you’re simply extremely excellent.
    I actually like what you have acquired here, really like
    what you are stating and the way in which by which you are saying it.
    You’re making it enjoyable and you still take care of to stay it smart.
    I can’t wait to learn much more from you.
    This is really a terrific site.

Leave A Reply

Your email address will not be published.