Info Wisata dan Travel? Cuma di Infotravell.com

Danau Linting, Keindahan yang Tersembunyi

24

INFOTRAVELL.COM. Danau Linting adalah salah satu objek wisata keluarga yang menjadi favorit di wilayah Kabupaten Deli Serdang. Danau Linting persisnya berada di Desa Sibunga-bunga, Kecamatan Sinembah Tanjung Muda (STM) Hulu. Beberapa tahun belakangan ini mulai dikunjungi turis yang datangnya dari Negara luar. Kehadiran mereka ke Danau linting ingin merasakan air hangat yang menebarkan bau belerang.

Airnya yang bening dengan kehangatan sekira 33-40 derajat selsius membuat setiap pengunjung betah berlama-lama di sini.Tak hanya itu, pengunjung yang datang ke Danau Linting juga bebas dari bau belerang sehingga nyaman membawa keluarga sambil menikmati indahnya pemandangan di sekitar danau yang memiliki luas sekitar 1 Ha itu. Suasana semakin indah dengan tumbuhnyan sejumlah tanaman pohon di sepanjang pinggiran danau.

Apalagi untain dahan-dahan pepohonan itu menjuntai dan menggapai air sehingga semakin menambah indah panoramanya. Pengunjung bakal betah berlama-lama berendam di dalam kehangatan air danaunya. Ditambah lagi dengan kehadiran sejumlah burung yang berkeliaran di sana. Kicauan burung yang bertengker di dahan pohon menambah semangat dan menyegarkan jiwa menjadi salah satu terapi kesehatan. sensasi.

Penuturan Manis br Sebayang (98), warga setempat menjelaskan dengan panjang lebar, Danau Linting mempunyai sejarah kawah atau sebuah retakan dari peristiwa vulkanik. Buktinya dari kandungan belerangnya yang cukup tinggi, baik dijadikan untuk obat, apa lagi kedalaman Danau Linting itu hingga kini belum dapat di pastikan kata dia.

Menurutnya, setiap orang yang datang ke danau ini tidak pernah mengeluarkan kata-kata kotor dan cukup berhati sebab diketahui danau ini masih menyimpan misteri. Menurut cerita salah satu bukti beberapa tahun yang lalu Danau ini juga pernah menelan korban, hal itu disebabkan kecer, obohan dan tidak sopan dari salah seorang pengunjung. Dia mengeluarkan kata-kata yang tidak enak didengar pada saat merasakan kehangatan air Danau Linting.

Kalau kita bayangkan Danau Linting menyuguhkan keindahan air dan alam yang selaras, sehingga dapat membuat efek tenang ketika memandangnya. Eksotisme yang disuguhkan sungguh luar biasa. Biru pekat menarik hati membuat suasana menjadi romantis di danau ini. Anda pasti tidak akan menyangka bahwa ada danau tenang berukuran sekitar 1 hektar yang diperkirakan hanya 49 Km dari Kota Medan, hal ini dapat terjadi karena kebesaran Tuhan.

Bila dilihat disepanjang perjalanan menuju Danau Linting disuguhkan dengan hamparan hijau pepohonan yang menghiasi sisi jalan. Tentunya memberikan suasana segar dan nyaman dibanding dengan hingar bingar kota yang penuh polusi. Namun dibeberapa titik jalan masih rusak, aspal berlubang yang sedikit mengganggu perjalanan tentunya. Tapi hal itu tidak menjadi penghalang bagi setiap orang yang hendak berkunjung ke Danau Linting.

Baca Juga :

Menurut ceritanya, Danau Linting ini dulunya merupakan bukit yang tinggi. Di bawah bukit itu terdapat satu gubuk milik almarhum Rinta br Perangin-angin. Namun pada suatu hari karena kekuasaaan alam dengan hitungan detik di daerah itu terasa ada getaran dan bukit itu berubah menjadi danau yang indah, ungkap Manis dan Malemta Br Barus yang kini dalam bulan ini genap berusia 100 tahun.

Tak jauh beda yang dikatakan Jorhan Sinambela mengaku robongan dari Jakarta, sengaja datang menikmati liburan menjelang Idul Fitri sayangnya Pemkab Deli Serdang terkesan tidak peduli untuk menata Danau Linting ini. Pasalnya, salah satu objek wisata yang banyak dikunjungi ini terkesan tidak mendapat erhatian dari Pemkab Deliserdang. Jarak juga terbilang dekat dari ibukota kabupaten diperkirakan hanya memakan waktu 1 jam  mengendarai sepeda motor.

Perjalanan menuju Danau Linting pengunjung disuguhi denganpemandangan alami hamparan hijau pepohonan di sisi kiri kanan jalan. Tentunya memberikan suasana segar dan nyaman dibanding dengan hingar bingar kota yang penuh polusi. Namun dibeberapa titik jalan masih rusak, aspal berlubang yang sedikit mengganggu perjalanan tentunya. Tapi hal itu tidak mengurangi minat wisatawan dalam dan luar kota bahkan mancanegara untuk menikmati sensasi indahnya Danau Linting dengan suasana alam yang masih asri.

Sebenarnya bila Pemkab Deliserdang mau dan jeli sangat banyak sekali keistimewan di Kecamatan STM Hulu bisa dijadikan sebagai objek wisata menunjang pendapatan asli daerah (PAD). Dan sesungguhnya program yang digadang-gadang Pemkab Deliserdang berjuluk “Gerakan Deli Serdang Membangun” seharusnya sejak dari awal sudah memprioritaskan kepada sektor pariwisata yang nota bene tak ada satupun yang dikelola dan ditata dengan baik yang layak untuk dijual.

Leave A Reply

Your email address will not be published.