Info Wisata dan Travel? Cuma di Infotravell.com

Jalan Karo, Jalan Terpendek di Kota Medan

15

INFOTRAVELL.COM. Menjelang perayaan HUT ke 428 Kota Medan 1juli 2018 mendatang, mari kita mengenang kembali napak tilas jejak Guru Patimpus Sembiring Pelawi di Kota Medan. Kali ini khusus di Jalan Karo. Jalan Karo berada di pusat keramaian Kota Medan. Dari sini banyak bertabur jajanan pasar terkenal termasuk Pajak Petisah dan Soto Sinar Pagi bisa ditempuh dengan berjalan kaki.

Jalan Karo hanyalah sepenggalah. Memang sangat pendek barangkali tak sampai seratus meter panjangnya. Tetapi itulah nama jalan yang diberikan Pemko Medan untuk masyarakat Karo di Kuta Madan yang didirikan Guru Patimpus Sembiring Pelawi pada 1 Juli 1590.

Tak hanya pendek, Jalan Karo juga sangat sempit. Tapi jangan silap meski terbilang sempit dan pendek Jalan Karo selalu padat dan ramai, dikenal luas di Kota Medan bahkan sampai mancanegara.

Tempat ini menjadi favorit wisatawan mancanegara dikunjungi pada hari biasa maupun weekend. Rumah Makan Acek Botak menjadi salah penariknya. Kuliner Pecinaan Kota Medan yang cukup melegenda dan favorit ini menjadi penunggu setia Jalan Karo, sejak 35 tahun lalu. Saat itu Acek Botak mendirikan Ruah Makan Acek Botak dengan bermacam menu andalannya menjaga dan menjadi jawara kuliner di Jalan Karo kawasan Petisah Medan.

Interior rumah makan Acek Botak ini terbilang amat sangat sederhana, sesederhana Jalan Karo diusia Kota Medan yang ke 428 tahun.Langit-langitnya rendah, terbuka lepas tanpa pintu membuat rumah makan ini tidak terlalu pengap dan tidak panas dikala siang terik matahari.

Baca Juga :

Pelanggan setia yang menikmati sajian mie goreng seafood, mie babi dan macam olahan ikan segar, kerap juga menjadikan tempat ini untuk bereuni. Selain itu ada menu seafood andalannya Acek Botak yaitu Bawal Asam Manis. Ikan bawal hitam ini digoreng kering dahulu, kemudian disiram kuah asam manis perpaduan dari rasa manis tomat, daun bawang dan rasa asam dari potongan nenas dengan dipercanting taburan potongan wortel yang diiris halus. Pasti sedaplah, tak terkataken. Selain itu ada juga Babi Goreng yang garing dan juicy, ayam goreng wijen yang harum dan sangat empuk, cap cay, cah sayur poleng yang fresh disempurnakan bawang putih dengan aroma menyentak selera.

Penulis sempat berbincang dengan Acek Botak yang sedang membantu melayani pelanggan.

“Saya merintis rumah makan ini sejak usia 40 tahun sekarang usia saya 75 tahun. Dulu jalan Karo ini masih sangat sepi tapi saya berejeki buka usah di Jalan Karo sehingga saya bisa mengembangkan usaha sampai ke depan,” katanya sambil tersenyum menunjuk bangunan permanen menghadap ke Jalan Karo dan Jalan Glugur By Pass.

Acek Botak memang sukses di Jalan Karo. Terima kasih untuk Acek Botak yang sudah menjaga Jalan Karo dengan Rumah Makan Acek Botaknya.

MACEHAT COFFEE

Tak hanya Acek Botak, Jalan Karo terbilang yang sempit, pendek dan gersang karena hampir tak satu pohonpun tumbuh di situ tapi membawa rezeki bagi banyak orang.

Ada kuliner di Jalan Karo yang sangat terkenal dan phenomenal tidak hanya di Kota Medan dan Sumatera Utara tetapi dikenal sampai mancanegara. Jangan bingung kalau Anda sedang menikmati segelas Avocado Coffee tiba-tiba ada yang menyapa “Boleh tak saye duduk kat kamu?”, atau “excuse me, can i sit here,?” Itu kerap dengan temukan di Macehat Coffee. Macehat Coffee, Makanan yang diproses dengan Cepat dan seHAT-usaha itu diberi nama Macehat sesuai singkatannya.

Tempatnya tidak begitu luas,maklum Jalan Karo juga sempit. Macehat Coffee terlihat sederhana dan tidak menggunakan desain-desain interior yang lagi populer pada beberapa cafe di Medan serta penempatan meja pada ruangan yang terlihat apa adanya. Semua terkesan sama sederhana seperti kesederhanaan Jalan Karo. Namun demikian, pengunjungnya selalu ramai baik indoor maupun outdoor. Parkir mobil silih berganti.

Macehat Coffee setia menjaga Jalan Karo dengan sajian spektakulernya Avocado Coffee Float campuran jus alpukat dengan es krim dan espresso, rasanya sedaplah tak terkataken. Ayo puaskan hangout dan menjajal kuliner di Jalan Karo. Setidak-tidaknya mengenal Jalan Karo yang hanya sepenggalah namun menghidupi banyak orang.

PETUNJUK Ke Jalan Karo :

  • Jl. Karo, Kecamatan Medan Petisah, Medan – Sumatera Utara
  • Sekitar 100 meter dari Tugu Guru Patimpus Sembiring Pelawi
  • Tidak jauh dari Pajak Petisah Medan
  • Dekat dengan Kuliner Jalan Mojopahit
  • Dekat dengan Soto Sinar Pagi
  • Hanya 5 menit naik kenderaan ke Bolu Meranti Jalan Kruing
  • Hanya 1 Km dari Kantor Walikota Medan

Untuk cerita lebih lengkap, dapat membeli Buku Ayo Traveling ke Medan, cp. tania depari hp. 08126025413.

Leave A Reply

Your email address will not be published.