Info Wisata dan Travel? Cuma di Infotravell.com

Tugu Bank Sumut Tanda Titik Nol Kota Medan

36

Ada apa di depan Gedung Tua Jalan Pos Medan disiang yang terik dan kering.  Segerombolan anak-anak muda dari sebuah komunitas meriah mengabadikan foto. Mereka berusaha mengambil angle sesuai selera di bekas lokasi berdirinya Air Mancur Nienhuys yang kini telah berganti menjadi Tugu Bank Sumut.

Tugu Bank Sumut dikenal sebagai titik nol Kota Medan memang favorit untuk tempat berfoto dengan latar belakang gedung-gedung tua. Sering juga menjadi lokasi titik kumpul dan arena menggelar orasi dari beragam komunitas maupun organisasi.

Tugu dengan air mancur setinggi hampir dua meter di pusat Kota Medan ini berada di tengah lalu lalang hiruk pikuk kota, menjadi satu pemandangan yang menarik dan cukup menonjol di kawasan Kesawan (Kesain)

Dibangun pada zaman kolonial, tugu ini merupakan sebuah tetengger (penanda) Kuta. Dulu dikenal dengan nama air mancur Nienhuys atau disebut juga air mancur Paris van Sumatera di Kuta Madan (Kota Medan)  yang didedikasikan untuk salah seorang pionir Kota Medan Modern Jacob Nienhuys pendiri Deli Maatschappij sekitar tahun 1869. Dia merupakan orang Belanda pertama yang menjadi pengusaha perkebunan tembakau di Pantai Timur Sumatera.

Baca Juga :

Dalam perjalanannya tugu ini sudah mengalami renovasi. Setelah direnovasi menambah diameter lingkaran dan tinggi dengan menampilkan logo Bank Sumut di puncaknya. Tugu air mancur ini menjadi semakin megah, didominasi cat warna kuning sebagai warna kebesaran Melayu Deli.  Bentuk serta  fungsi awal sebagai taman tugu air mancur tetap dipertahankan seperti sediakala. Tugu ini termasuk  dalam Bangunan Cagar Budaya Kota Medan.

Dibangun persis di depan Kantor Pos karena pada masa itu fasilitas Kantor Pos dan telegraf merupakan elemen utama kota. Kantor Pos menjadi ruang publik yang ramai dikunjungi masyarakat dan sangat strategis, sehingga bangunan tugu air mancur di buat sebagai penanda ruang publik. Air Mancur Nienhuys ikut membentuk Lapangan Merdeka dan merupakan satu kesatuan tata ruang dengan bangunan-bangunan cagar budaya lainnya di Kawasan Kesawan (Kesain) Medan. (Cerita lengkap ada di buku ayo traveling ke medan, cp. Tania Depari, hp. 08126025413)

PETUNJUK TUGU BANK SUMUT

Berada di segitiga Jl. Balaikota, Jalan Bukit Barisan dan Jl. Pos Medan. Berada di pusat kota ditetapkan sebagai Titik Nol Kota Medan. Berada persis di depan Kantor Pos Jl. Pos Medan. Berada didekat Lapangan Merdeka. Di depan Hotel Dharma Deli dan Bank Indonesia. Sekitar 50 meter dari D’Heritage Café dan Hotel Aston City Hall.

Leave A Reply

Your email address will not be published.