Info Wisata dan Travel? Cuma di Infotravell.com

Air Panas Sidebuk-debuk Dipercaya Mampu Sembuhkan Penyakit Kulit

20

INFOTRAVELL.COM. Objek wisata di kawasan Kaki Gunung Sibayak yang tidak boleh terlewatkan adalah pemandian air panas Sidebuk-debuk. Pelancong bisa menikmati pemandangan gunung sekaligus berendam di air panas.

Wisata tempat pemandian alam yang terletak di bawah kaki Gunung Sibayak, sangat disayangkan apabila warga Sumatera Utara belum pernah mengunjungi  tempat ini. Pemandian alam air panas Sidebuk-debuk, sebelah selatan Gunung Sibayak. Berjarak sekitar 30 menit sebelum sampai di Berastagi.

Dibutuhkan waktu sekitar 1 jam, perjalanan menggunakan sepeda motor dengan kecepatan 60 km/jam dari Medan menuju pemandian ir panas Sidebuk-debuk, jarak tempuh sekitar 58 km. Jika dari Medan, simpang menuju pemandian Sidebuk-debuk ada di sebelah kanan dari sisi jalan, tidak sulit mencarinya karena terdapat pamplet yang bertuliskan “Hot Spring, Sidebuk-debuk.”

Penulis ketika berada di Air Panas Sidebuk-debuk dalam rangka Erpangir Ku Lau 2016

Desa Doulu, tempat air panas Sidebuk-Debuk ini terkenal dengan pemandian air panasnya yang hangat dan alami. Tak hanya itu, pemandangan alam disekitarnya juga sangat menakjubkan. Tak heran jika banyak wisatawan lokal dan domestik berbondong-bongong mengunjungi desa ini pada hari libur.

Ketika kamu sudah sampai dilokasi, maka terdapat puluhan merk pemandian air panas yang tidak berjauhan. Misalnya, Air Panas Debuk – Debuk, Air panas Sibayak, Air Panas Pariban, dan sebagainya.

Sidebuk-debuk merupakan sebuah desa yang memiliki sumber air panas dengan kandungan belerang. Khasiat air belerang di pemandian air panas alam Sidebuk-debuk dapat menghaluskan kulit, menghilangkan gatal-gatal serta alergi pada kulit. Bagi yang pegal-pegal atau atau sakit pinggang juga baik.

Pemandian air panas Sidebuk-debuk mengandung 16 sampai 20 persen belerang sehingga juga membantu mengeluarkan racun dari tubuh, mengatasi penyakit kulit, menurunkan kadar gula darah, melancarkan aliran darah, dan banyak lagi.

Fhoto oleh seindotravel.com

Terdapat juga kolam air dingin dilengkapi dengan seluncuran Water Boom.

Ada kolam ikan, diisi dengan ribuan ikan mas besar dan koi warna-warni. Bukan hanya itu, untuk menambah hiburan mata, ada juga kelinci-kelinci lucu di atas lokasi kolam ikan. Baik ikan maupun kelinci, saat melihat manusia pasti hewan-hewan tersebut akan menghampiri dan berkumpul.

Tentunya bagi kamu yang membawa anak-anak, mereka akan senang. Nah bagi kamu yang suka tantangan, menguji kemampuan berkendara di atas jalur berlumpur dan tidak stabil, terdapat juga ATV. Cukup merogoh kocek Rp. 25.000 untuk 2 kali putaran arena. Akan menjadi liburan menyenangkan diakhir tahun bersama keluarga dan orang tersayang.

Baca Juga :

Pada lokasi pemandian juga ada lokasi yang khusus sediakan untuk anak anak dibawah umur 5 tahun. Jadi nggak perlu khawatir jika kita membawa anak kecil. Biaya masuk pemandian Sidebuk-debuk berbeda-beda di setiap tempat, tergantung lokasi pemandian air panas mana yang kamu pilih. Banyaknya lokasi pemandian air panas, bukti bahwa mata air panas di selatan Gunung Sibayak menjadi aset berharga untuk warga sekitar serta membuka lapangan pekerjaan.

Kolam Air Panas serasa milik pribadi

Sidebuk-debuk ramai dikunjungi saat tengah malam, sekitar pukul 20.00 WIB ke atas. Hal tersebut dikarenakan cuaca malam hari di Sidebuk-debuk yang sangat dingin, ketika menenggelamkan sebagaian tubuh ke dalam kolam air panas, maka dinginnya angin akan diimbangi dengan hangatnya air panas.

Bukan berarti sensasi berendam di kolam air panas Sidebuk-debuk berkurang di pagi hari. Justru, saat pagi hari sudah berendam, saat selesai memanjakan tubuh di kolam air panas, Kamu masih punya banyak waktu untuk berkeliling wisata lainnya di kawasan Berastagi.

Air Panas Sidebuk-debuk juga sering digunakan sebagai lokasi melaksanakan ritual khas Suku Karo, Erpangir Kulau. Ritual ini diyakini mampu mengusir marabahaya dan mendatangkan rezeki yang berlimpah serta sebagai sarana penyucian diri.

Leave A Reply

Your email address will not be published.