Info Wisata dan Travel? Cuma di Infotravell.com

Air Terjun Sikulikap Yang Mempesona

15

INFOTRAVELL.COM. Air Terjun Sikulikap atau Sampuren Sikulikap menurut penduduk sekitar adalah sebuah air terjun eksotis yang cantik. Tetapi sayangnya air terjun ini sudah mulai ditinggalkan wisatawan. Air Terjun Sikulikap berada di Jalan Jamin Ginting Km.54, Desa Doulu, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.terletak di desa Doulu, kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Pintu masuk ke lokasi air terjun ini berada di dekat gerbang/gapura perbatasan Deli Serdang dengan Kabupaten Karo.

Menuju ke sana, wisatawan harus memperhatikan pintu masuk ke lokasi air terjun ini, yang berada di dekat gapura perbatasan Deli Serdang dengan Kabupaten Karo.

Hanya sekitar 15 menit menuruni tangga di tengah hutan belantara, wisatawan dapat mencapat pemandian Air Terjun Sikulikap yang memiliki tinggi sekitar 30 meter dan turun deras dengan percikan air yang tinggi pula.

Sumber air terjun ini berasal dari Taman Hutan Rakyat (Tahura) Bukit Barisan. Hutannya merupakan Kawasan Ekosistem Leuser (KEL) Taman Nasional Gunung Leuser yang berada dalam Kawasan Lau Debuk Tanah Karo.

Baca Juga :

Disamping Air Terjun Sikulikap terdapat dinding-dinding batu yang cadas, dulu tempat ini sering dijadikan ajang Climbing atau Panjat tebing oleh para pecinta Alam.

Serta anda juga bisa melakukan kegiatan Barbekyu di tempat ini. Namun disayangkan, entah mengapa tempat ini Air Terjun Sikulikap mulai dilupakan oleh orang banyak. Padahal Air terjunnya sangat bagus, indah serta menawan.

Berdasarkan kutipan yang saya baca di medanwisata.com bahwa Pada era tahun 90an Air Terjun Sikulikap merupakan ojek wisata idola di Berastagi.

Banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun manca negara, bahkan penduduk tanah Karo kerap mengunjungi lokasi wisata ini. Lokasi Air Terjun Sikulikap sangat potensial sebagai tempat wisata tracking bagi turis dari luar negeri khusunya eropa, selain itu bagi wisatawan lokal tempat ini juga dulunya sering dijadikan tempat barbekyu sambil menikmati kesegaran air dan kesejukan alam. Selain itu Ketua Komisi C DPRD Karo mengatakan pada saat pengesahan APBD Karo, anggaran untuk objek wisata Sampuren Sikulikap tidak dianggarkan tahun 2012.

Leave A Reply

Your email address will not be published.